Tips Memulai Internet Marketing yang Cerdas untuk Pemula

Di zaman serba digital hari ini, banyak hal yang dapat dilakukan melalui internet. Salah satu hal yang kini bisa dilakukan lewat internet adalah internet marketing atau pemasaran melalui digital. Pengusaha pemula yang tengah mendirikan usahanya mungkin kerap kebingungan bagaimana memulai digital marketing yang sukses.

Ada banyak cara dan jalan untuk melakukan digital marketing baik itu melalui sosial media ataupun website yang kini banyak bertebaran di mesin pencari. Berikut beberapa langkahnya:

Buatlah Tujuan dengan Jelas dan Terstruktur di Awal

Sejak awal sebelum memulai sebuah internet marketing maka para pengusaha startup harus menetapkan dengan sangat jelas apa tujuan yang ingin mereka capai melalui pemasaran lewat internet tersebut. Tetapkan berdasarkan produk yang Anda tawarkan dan juga target pasar. Setelah Anda mengetahui produk apa yang ingin dijual dan target pasar kemudian tetapkan tujuan.

Penetapan tujuan bisa dibagi menjadi beberapa poin utama seperti berikut:

  • Dari digital marketing yang Anda lakukan, seberapa jauh Anda ingin meraih brand awareness dari target konsumen tersebut? Apa kriteria bahwa target brand awareness Anda sudah tercapai?
  • Dari digital marketing tersebut berapa jumlah konversi dan leads yang ingin dicapai?

Membangun Sebuah Image Pribadi yang Profesional, Positif dan Menarik

Ada banyak cara untuk memulai digital marketing. Salah satu cara utama yang harus dibangun oleh startup pemula adalah membangun image pribadi yang dapat menarik target konsumen. Image yang dibangun harus berdasarkan target konsumen Anda apakah dari kalangan pebisnis professional, anak muda atau orang tua.

Pelajari hal apa yang bisa menarik mereka dan jadikan hal tersebut sebagai image yang Anda bawa. Namun tentu saja pastikan image tersebut akan membentuk kesan professional dan dapat dipercaya. Pasalnya dalam bisnis digital dan dalam internet marketing, kepercayaan dan profesionalitas adalah hal yang paling penting.

Konsisten Memposting Konten di Media

Jika kita berbicara strategi marketing di dunia digital, maka konsistensi adalah salah satu kunci kesuksesan. Jika Anda memiliki sosial media, maka pastikan sosial media Anda jangan sampai kosong. Sebisa mungkin isi akun sosial media secara rutin setiap hari atau beberapa hari sekali.

Rutin memposting penawaran produk tidak hanya bertujuan agar para konsumen selalu up atau melihat penawaran produk Anda namun juga untuk meningkatkan brand awareness produk. Konten yang diisi juga tidak boleh sembarangan. Terkadang boleh juga Anda memposting hal terkait tips yang berkaitan dengan target konsumen untuk menghilangkan kejenuhan pelanggan.

Buat Followers Tertarik Berinteraksi di Sosial Media

Ini merupakan salah satu hal penting yang kerap dilupakan para pegiat digital marketing. Para pengusaha pemula seringkali hanya berpikir bagaimana caranya terus mengupdate postingan terbaru tanpa berpikir apakah telah tercipta interaksi yang kuat antara mereka dengan para followersnya.

Anda bisa mendapatkan antusiasme dari para followers dengan cara membuat konten yang meminta mereka agar mau berkomunikasi aktif dengan akun Anda. Misalnya Anda bisa mengeluarkan pertanyaan di postingan Instagram yang harus dijawab oleh para followers. Setiap kali followers menjawab Anda bisa memberi mereka iming – iming diskon produk atau giveaway menarik.

Coba Promosi Berbayar di Internet

Ada banyak jasa promosi berbayar yang bisa Anda manfaatkan melalui internet. Misalnya saja yang terkenal adalah melalui FB Ads, twitter serta Google Ads. Cara ini mungkin tidak menjamin 100% produk Anda akan ludes terjual, tapi setidaknya cara ini akan membangun basis konsumen yang kuat serta meningkatkan brand awareness.

Bergabung di Suatu Komunitas dan Jaringan

Anda bisa mulai bergabung di suatu komunitas atau jejaring pertemanan digital untuk membantu mendapatkan lebih banyak basis konsumen. Berinteraksilah di komunitas tersebut dengan aktif dan bentuk karakter Anda di dalamnya. Buatlah suatu keakraban tersendiri agar keberadaan Anda disadari di dalamnya dan membentuk image yang professional dan dapat dipercaya.

Membuat Toko Online

Agar terlihat semakin professional sebenarnya Anda bisa memanfaatkan peluang website untuk memasarkan produk. Keberadaan website sebagai basis toko online tidak hanya bermanfaat untuk menarik lebih banyak konsumen namun untuk membentuk image professional dan “serius”.

Pasalnya, keberadaan website yang didesain professional akan membentuk persepsi serius, professional dan meyakinkan bagi konsumen yang baru mencoba membeli produk Anda.

Terus Lakukan Evaluasi Berkala

Jangan berpuas diri ketika strategi Anda berjualan secara online sebelumnya berhasil menarik banyak konsumen. Pasalnya strategi digital marketing akan terus berkembang dan dikhawatirkan strategi lama Anda sudah tidak cocok lagi di pasaran. Lakukan evaluasi per jangka waktu tertentu dan lihat apakah strategi yang lama masih cocok atau tidak dengan perkembangan zaman.

Jangan pernah menyerah untuk berusaha dan melatih kecakapan Anda dalam internet marketing. Tidak ada yang instan di dunia ini. Jika pada satu kali percobaan belum meraih hasil maksimal, maka coba lagi saja.