Tips Memanfaatkan Youtube Marketing untuk Peningkatan Penjualan

Di era digital ini, banyak strategi pemasaran yang dulunya tidak dikenal tetapi kemudian menjadi sesuatu yang umum. Salah satu strategi yang dimaksud adalah Youtube marketing. Data menunjukkan bahwa tingkat kesuksesan metode pemasaran menggunakan Youtube cukup tinggi. Berbagai bisnis mulai dari skala kecil hingga besar melaporkan peningkatan penjualan produk atau jasa dengan sangat signifikan. Akan tetapi, tidak jarang juga kita menemukan bisnis yang menerapkan metode tersebut untuk memasarkan produknya tetapi tidak menunjukkan hasil memuaskan.

Terdapat beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari menggunakan media sosial Youtube untuk mempromosikan produk. Media sosial ini merupakan mesin pencari terpopuler kedua di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa Youtube memiliki jumlah pengguna yang sangat besar dan  sebagian dari pengguna tersebut dapat menjadi target konsumen bisnis Anda. Dengan menggunakan media ini, Anda dapat meningkatkan visibilitas channel bisnis di mesin pencari. Selain itu, orang-orang akan lebih mengenal nama bisnis Anda. Lebih jauh lagi, apabila channel Anda dikunjungi banyak orang, channe tersebut akan menghasilkan pendapatan dari iklan. Bagaimana cara untuk menuai manfaat tersebut dan menggunakan media sosial ini secara efektif dan efisien?

Tahap pertama dalam proses Youtube marketing adalah membuat channel yang akan membuat pengguna media sosial tersebut tertarik untuk berkunjung. Pada tahapan ini, Anda harus melakukan customization atau pengaturan khusus akun agar tampilan channel terlihat menarik. Anda perlu mengubah foto profil atau channel icon agar mencerminkan  bisnis Anda dengan lebih baik. Disarankan untuk menggunakan logo bisnis sebagai foto profil untuk memudahkan pengguna dalam menemukan channel Anda. Hal ini juga membuat publik menjadi lebih familiar dengan logo perusahaan.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah mengunggah channel art yang akan menjadi header dari halaman profil Youtube bisnis Anda. Beberapa website menyediakan layout yang dapat dipersonalisasi agar menjadi desain header yang mencirikan bisnis Anda apabila membuat desain dari nol merupakan hal yang sulit. Pemilihan warna, slogan, dan tata letak komponen header perlu dipikirkan dengan serius apabila halaman profil yang kohesif ingin dimiliki. Pemilik bisnis juga disarankan untuk memanfaatkan fitur About atau Tentang untuk menjelaskan mereknya. Pada fitur ini, Anda juga perlu mencantumkan informasi mengenai kontak bisnis dan juga akun media sosial lain yang dimiliki.

Setelah channel Anda selesai dibuat maka tahapan selanjutnya adalah mengisi channel tersebut dengan konten video yang akan menunjang bisnis. Meskipun terdengar sederhana, sesungguhnya hal ini tidak mudah. Pemilik bisnis harus kreatif dan konsisten dalam memproduksi konten. Kreativitas di sini terkait dengan keragaman video yang ditawarkan. Meskipun tujuan utama video adalah mempromosikan produk, tetapi video harus dibuat menarik dan membuat penonton mengingatnya terus. Konsistensi video terkait dengan keselarasan tema video dan konsep produk. Selain itu, Anda disarankan untuk mengunggah konten video dengan jadwal yang teratur.

Dalam melakukan Youtube marketing, terdapat beberapa jenis konten video yang dapat dibuat. Jenis video pertama tentunya adalah perkenalan produk. Tujuan utama video ini tentunya adalah menggaet calon konsumen. Video tidak perlu berdurasi lama tetapi memiliki tujuan yang jelas, visual yang bagus, dan jalan cerita yang menarik. Jenis video lain yang dapat dibuat, terutama oleh bisnis yang baru dirintis, adalah demonstrasi atau petunjuk produk. Saat ini, Youtube juga sudah dilengkapi dengan fitur live streaming. Fitur tersebut memungkinkan pemilik bisnis untuk melakukan promosi produk dan berinteraksi langsung dengan konsumen pada saat yang bersamaan. Apabila produk sudah mulai memiliki pasar yang stabil, maka Anda dapat membuat video berdasarkan testimony konsumen.

Untuk menjaring pengunjung channel, Anda juga perlu melakukan search engine optimization (SEO). Dengan mengusahakan video-video Anda muncul pada hasil pencarian teratas di Youtube atau mesin pencari lainnya, kemungkinan orang mengakses video-video tersebut menjadi lebih besar. Melakukan pengaturan metadata video merupakan cara yang ampuh untuk melakukan SEO. Metadata video meliputi judul, deskripsi, kategori, hingga pemilihan gambar thumbnail.

Kata kunci tertentu perlu diselipkan ke dalam metadata agar mesin pencari secara otomatis menampilkan video Anda saat kata kunci tersebut dicari. Video yang mengandung kata kunci populer akan lebih sering diakses, akan tetapi Anda harus tetap menggunakan kata kunci yang sesuai dengan isi video yang diunggah. Ketidaksesuaian kata kunci dengan isi video justru dapat membuat video Anda diberi ‘flag’ atau ditandai. Bahkan pada banyak kasus, video yang menggunakan kata kunci tidak terkait akan dihapus. Pengelolaan yang baik perlu dilakukan untuk memastikan Youtube marketing sukses. Cara pertama adalah membentuk tim khusus untuk melakukan kegiatan marketing ini. Selain itu, penting untuk menyiapkan alat pendukung seperti kamera dan mikrofon, terutama jika channel tersebut akan ditekuni hingga sukses. Kontrol kualitas juga perlu dilakukan untuk menjamin bahwa video yang diunggah memenuhi standar. Salah satu caranya adalah dengan memberikan password akun pada pihak tertentu agar video dapat diperiksa terlebih dahulu sebelum diunggah.