Resep Meramu Twitter Marketing untuk Mendatangkan Pundi-Pundi Uang

Kini ada banyak cara untuk mendatangkan pundi-pundi uang melalui internet, salah satunya adalah memanfaatkan Twitter marketing. Twitter menjadi salah satu media terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menaikkan jumlah konsumen mengingat pengguna Twitter kini semakin meningkat meski sebelumnya sempat memasuki era kelesuannya beberapa tahun ke belakang.

Kenaikan jumlah pengguna aktif Twitter bisa dilihat sekitar 3 tahun ke belakang apalagi ada banyak thread menarik yang viral beredar melalui Twitter. Ketika Anda mempertimbangkan sosial media untuk menarik konsumen atau menarik lebih banyak keuntungan, maka lihatlah dampak profitnya untuk Anda dan bukan sekedar melihat kelengkapan fitur atau cantik tidaknya tampilan.

Mengapa Memilih Twitter Sebagai Basis Market?

Ada banyak alasan tentunya mengapa Anda harus memilih Twitter marketing sebagai salah satu media pemasaran selain media sosial yang lainnya. Kita tentu sudah mengenal Facebook, Instagram, Youtube sebagai beberapa media sosial yang cukup terkenal. Namun ternyata, Twitter juga cukup ampuh untuk mendatangkan pundi – pundi uang.

Jika dilihat dari market share Twitter, angkanya cukup melonjak tajam hanya dalam waktu beberapa bulan. Misalnya saja pada bulan November 2018, angka market share Twitter hanya 8,72% dan dalam durasi 2 bulan saja angka ini naik menjadi 39%. Bahkan, menurut penelitian menunjukkan bahwa 31% orang mengingat yang ditawarkan melalui Twitter ketimbang media lainnya.

Kelebihan lainnya dari Twitter juga adalah terbentuk jalinan komunikasi secara personal antara Anda dengan calon klien atau pembeli. Data menunjukkan ada sebanyak 33% calon pembeli dan klien berhubungan dengan sebuah bisnis di dalam Twitter sebelum memutuskan bertransaksi.

Strategi Memaksimalkan Potensi Twitter Marketing

1. Pembuatan Nama Akun Harus Sesuai dengan Bisnis

Hal pertama yang perlu Anda lakukan tentu saja pembuatan profil alias nama akun untuk usaha Anda. Ada setidaknya dua syarat pembuatan nama akun yang berlaku di sini yakni haruslah unik dan sesuai dengan bisnis. Misalnya saja jika Anda bergerak di bidang usaha kuliner laut maka Anda bisa menambahkan keterangan kuliner tersebut di belakang nama Anda seperti @Haifa_KulinerSeaFood.

Sementara untuk akun yang menyediakan jasa konsultasi bisnis maka bisa diberi nama @Master_KonsultanBisnis. Pastikan nama akun yang Anda buat memberi dua informasi penting yakni memberi tahu pengguna apa tujuan akun tersebut dan sebagai media branding.

Selain memberikan informasi langsung kepada pengguna Twitter, fungsi penamaan akun yang jelas akan memudahkan Anda untuk mendapatkan target market yang sesuai. Mendapatkan follower yang sesuai dengan target market Anda tentu lebih penting ketimbang sekedar memperbanyak follower saja.

2. Pasang Foto Profil yang Menarik

Foto profil gunakan yang sesuai dengan logo perusahaan karena akan menaikkan reputasi usaha dan branding Anda. Sementara untuk foto profil pribadi yang bertujuan untuk meningkatkan image branding Anda maka gunakan latar belakang atau background bersih agar terlihat professional.

3. Buat Header Image Profesional

Tonjolkan bahwa usaha Anda itu “serius” dan professional dengan memberi header image yang menarik. Sangat dilarang untuk membiarkan header image kosong jika Anda ingin menjadikan akun tersebut sebagai akun bisnis untuk Twitter marketing. Anda bisa mengisi bagian header image dengan promosi terkini, prestasi, tagline dan sebagainya.

4. Konsisten Posting Konten yang Dibutuhkan Pengikut Anda

Pastikan Anda rutin mengisi akun Twitter Anda dengan konten yang bermanfaat yang memang dibutuhkan oleh mayoritas target market Anda. Anda tidak harus selalu mengisi thread dengan penawaran produk karena dikhawatirkan hal ini justru membuat para konsumen jenuh. Isilah thread dengan konten yang relevan namun tetap dapat meningkatkan penawaran Anda.

Misalnya saja untuk Anda yang bergerak di bidang bisnis fashion maka Anda bisa mengisi thread terkait jenis – jenis kain dan spesifikasinya, kain yang sifatnya adem untuk kerudung dan baju, ataupun model fashion yang sedang populer saat ini. Anda juga bisa posting thread mengenai cara merawat baju agar tetap tahan lama dan tidak cepat kusam.

Apabila tips ini Anda jalankan secara konsisten, maka dalam beberapa waktu maka jumlah follower yang sesuai target Anda dapat meningkat. Anda juga bisa meminta jasa penulis lepas untuk membuatkan Anda artikel yang dibutuhkan jika memang tidak sempat menulis sendiri.

5. Mention Akun yang Terkait dan Sudah Terkenal

Cobalah sesekali untuk membuat thread yang sangat bagus kemudian dimention ke akun yang memiliki jumlah pengikut banyak. Tidak sekedar mention ke akun dengan jumlah pengikut banyak namun pastikan bahwa akun tersebut memiliki isi konten yang masih berkaitan dengan produk Anda.

Agar akun tersebut memperhatikan thread Anda dengan lebih baik, Anda sebaiknya menyampaikan bahwa Anda meminta tolong kepada akun tersebut untuk me-retweet thread Anda yang cukup bagus dan terkait.

Pastikan seluruh fitur di dalam Twitter Anda maksimalkan jika Anda ingin menguasai Twitter marketing. Secara perlahan dan konsisten kelola akun Anda untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan.