Mengenal Lebih Dekat Strategi Whatsapp Marketing, Hingga Siap Saja Yang Tepat Menggunakannya

Kalau dulu ada blackberry yang dijadikan media bisnis banyak orang, sekarang sejak whatsapp “mewabah” dan diakuisisi oleh Facebook semua beralih ke media sosial tersebut. Ditambah pula berbagai fitur yang tersedia sudah super lengkap, membuat whatsapp marketing jadi ikon jualan online kekinian. Sayangnya masih banyak yang tak mengerti strategi penggunaan yang tepat.

Sebenarnya untuk menggunakan whatsapp  sebagai sarana marketing tak butuh keahlian khusus, hanya sedikit strategi mumpuni yang dikemas secara apik dan dilakukan secara kontinu. Kalau Anda mau tahu seperti apa strateginya, duduk yang manis dan baca informasi ini sampai selesai. Dijamin Anda tak akan menganggap whatsapp hanya sebagai media chatting dengan gebetan saja.

Strategi Whatsapp Marketing Paling Moncer

Sama halnya dengan strategi penjualan produk pada umumnya, penggunaan whatsapp juga tak lepas dari berbagai unsur penting. Terkait bagaimana orang bisa tertarik pada sebuah produk yang ditawarkan, kemudian punya keinginan memiliki, dan puas dengan produk yang dibelinya tersebut. Berikut ini beberapa strategi yang paling moncer, banyak mengantar pebisnis jadi jutawan dalam waktu singkat.

Pentingnya percaya diri! Coba bayangkan berapa calon konsumen yang bisa didapat saat berada di sebuah iven besar. Targetkanlah hal itu dengan mencari kenalan sebanyak-banyaknya, dan percaya diri memperkenalkan bisnis. Kemudian pastikan untuk bertukar nomor whatsapp, sebagai langkah awal berjualan pakai whatsapp. Untuk memastikan Anda ingat semua orang tersebut, beri kode tertentu di daftar kontak ponsel.

Jalin komunikasi intens adalah strategi selanjutnya, memang butuh waktu dan tenaga tapi semua akan terbayar ketika hubungan baik Anda dengan calon konsumen terjalin. Sebab menumbuhkan kepercayaan seseorang itu butuh proses, buatlah mereka percaya. Bila perlu lakukan pertemuan untuk menambah kedekatan emosional.

Buatlah grup whatsapp, kemudian invite mulai dari orang terdekat hingga kenalan. jika satu grup bisa diisi oleh 256 orang, maka bisnis menggunakan whatsapp marketing bisa berjalan dinamis dan cepat. Apalagi kalau Anda bisa membuat beberapa grup, tentu pemasaran akan semakin luas dengan feedback yang pastinya akan maksimal pula. Sedikit tips, jangan hanya membuat grup biasa, jadikan luar biasa dengan memberikan kesempatan siapa saja untuk jadi reseller bisnis. imbasnya mereka dan Anda akan sama-sama dapat untung!

Mulailah promosi dengan konten berkualitas, bisa melalui video pendek, brosur online, atau bentuk lainnya yang menarik dan mudah dipahami. Lakukan dengan jadwal yang jelas, jangan lupa selingi dengan informasi bisnis yang bermanfaat. Sebab kalau Anda hanya berbagi konten promosi, akan cepat membuat orang bosan dan keluar dari grup Whatsapp.

Beri hadiah tak terduga, juga bisa jadi salah satu strategi Whatsapp marketing yang bisa Anda terapkan. Misalnya dengan memberikan hadiah pada anggota grup whatsapp, yang paling banyak memberi komentar positif. Atau yang sudah menjadi konsumen terbaik versi Anda, dengan begitu yang lain akan termotivasi untuk ikut membeli produk jualan Anda.

Jangan lupa untuk selalu fast response kepada siapa saja yang menghubungi Anda, baik via chat pribadi maupun telepon. Ini akan memberikan kesan baik dan kepuasan tersendiri, bagi konsumen dalam grup yang sudah Anda bangun.

Siapakah Yang Paling Butuh Whatsapp Marketing?

Kalau membahas siapa yang butuh, tentu bisa dibilang semua yang punya bisnis akan sangat membutuhkannya. Tapi sejauh mana mereka butuh aplikasi ini untuk menunjang pengembangan bisnis, akan sangat tergantung pada jenis usaha dan target yang ingin dicapai dari penjualan melalui media sosial.

Orang dengan jenis usaha menengah ke bawah, merupakan yang paling banyak membutuhkan pengelolaan promosi dan penjualan dengan media whatsapp. Karena mereka tentu masih sangat ketat dalam masalah pengeluaran, terutama untuk promosi. Ketika ada media yang bisa digunakan secara gratis, tentu mereka akan memilihnya ketimbang iklan dan marketing berbayar.

Sama halnya dengan pebisnis personal yang ingin mengembangkan usahanya, seperti usaha kuliner rumahan, pakaian kreasi sendiri, hingga perlengkapan rumah tangga. Mereka juga menjadi target Whatsapp Marketing yang paling potensial, sebab marketnya sangat luas sementara biaya promosi mereka sangat terbatas. Tapi ketika mereka memilih marketing cara whatsapp maka tak tertutup kemungkinan usaha rumahan, bisa berkembang jadi usaha skala besar yang menjanjikan untung maksimal.

Karyawan marketing yang ingin mencapai target penjualan, juga sasaran penggunaan whatsapp paling besar. Sebab mereka tak perlu lagi melakukan promosi door to door, cukup sekali pencet pesan broadcast menggunakan media sosial ini, dan banyak orang yang akan tertarik dan jadi customer mereka.

Semoga informasi di atas bisa memberi manfaat bernas bagi Anda yang masih berfikir ulang untuk menerapkan Whatsapp Marketing. Jangan menunggu sampai saingan Anda sukses lebih dulu baru menyesal, atau masa kejayaan produk bisnis Anda meredup! Ayo mulailah dari sekarang dan jadilah pelaku bisnis yang sukses maksimal.