Ketahui Apa Itu Content Marketing Beserta Manfaatnya

Promosi merupakan suatu upaya untuk menawarkan sebuah produk, baik berupa barang maupun jasa melalui berbagai media. Di era digitalisasi, kini Anda dapat membuat konten promosi secara online dengan memanfaatkan jaringan internet serta dukungan media sosial. Jadi, membuat konten promosi digital ini dirasa lebih efisien, fleksibel dan tentu saja lebih hemat biaya.

Untuk itu, Anda disarankan untuk membuat sebuah content marketing. Apa itu content marketing ? Content marketing merupakan suatu konten digital yang bertujuan untuk menstimulus konsumen agar mau membeli produk yang Anda tawarkan melalui media sosial, seperti situs website hingga platform media sosial (Facebook, Twitter, Instagram).

Mengupas Lebih Dalam Tentang Apa Itu Content marketing

Content marketing adalah suatu konten digital, baik berupa tulisan (artikel), gambar, ataupun video yang menarik dan kemudian didistribusikan secara masif melalui media digital. Tujuan pembuatan content marketing ini adalah agar konsumen mau membeli atau menggunakan produk yang Anda jual.  Sehingga, dapat membantu meningkatkan penjualan produk.

Syarat-Syarat Dalam Membuat Content Marketing

Agar content marketing ini menarik dan sanggup menstimulus audiens. Maka, Anda perlu membuat content marketing yang berkwalitas serta mudah untuk dipahami oleh pembaca. Untuk itu, Anda perlu menerapkan beberapa syarat-syarat dalam membuat content marketing, yakni :

  1. Bersifat Penting

Syarat pertama dalam membuat content martkeing adalah bersifat penting. Content marketing yang Anda buat ini harusnya bersifat penting bagi para target audiens. Seperti contoh, target audiens adalah para pembaca fashionable. Maka, Anda harus membuat content marketing terkait dengan fashion.

  • Relevan Untuk Dibaca

Syarat kedua adalah relevan untuk dibaca para audiens. Pembuatan content marketing memang harus relevan dengan topik utama dan tidak membahas hal-hal diluar topic pembahasan. Sehingga, pembaca dapat mengetahui pesan dari content marketing yang Anda sampaikan.

  • Pembahasan yang Konsisten

Dan syarat terakhir adalah membahas tema content marketing secara konsisten. Ya, agar pembaca tidak merasa bosan. Maka, Anda dapat membahas suatu pembahasan yang menarik untuk diketahui pembaca. Namun, pembahasan tersebut tidak boleh keluar dari topik pembahasan.

Manfaat Menggunakan Content Martketing

Mungkin beberapa orang menganggap content marketing ini tidak begitu penting untuk membantu menjual produk (product selling). Beberapa orang memang mengganggap “apa itu content marketing” , kemudian “apa fungsi dan manfaatnya bagi perkembangan penjualan perusahaan”.

Manfaat menggunakan content marketing ini ternyata tidak hanya membantu penjualan produk perusahaan saja. Melainkan memiliki berbagai manfaat untuk kemajuan suatu perusahaan, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Pengenalan Brand Produk

Pembuatan content marketing ini tentu saja membantu suatu perusahaan untuk mengenalkan brand produk atau brand awareness kepada para audiens. Sebab, content marketing ini nantinya akan disebarkan melalui media sosial. Sehingga audiens dapat dengan mudah mengenali brand produk yang tengah dikembangkan oleh perusahaan.

  • Membangun Interaksi Dengan Audiens

Dengan adanya content marketing, maka konsumen dapat berinteraksi dengan perusahaan penyedia produk. Interaksi tersebut dapat berupa saran, kritik, ataupun masukan terkait dengan produk yang dijual oleh perusahaan tersebut.

Hal ini juga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk perusahaan agar memproduksi barang atau menyediakan jasa yang dibutuhkan oleh konsumennya.

  • Menjadi “Senjata” Untuk Bersaing Dengan Produk Kompetitor

Mungkin beberapa perusahaan digital belum mengetahui tentang apa itu content marketing. Sebab, content marketing ini berguna untuk menarik atensi dari audiens. Penggunaan content marketing ini bermanfaat sebagai “senjata” untuk bersaing dengan produk kompetitor.

 Ya, pembuatan content marketing dapat dikatakan berhasil apabila mampu dan dapat mempengaruhi audiens. Sehingga, audiens merasa bahwa produk yang Anda jual adalah produk terbaik dibanding produk dari kompetitor.

Media Penyebaran dan Distribusi Content Marketing

Setelah Anda membuat content marketing, maka Anda perlu menyebarkan dan mendistribusikan content tersebut melalui platform digital. Untuk itu, Anda dapat menyebarkan dan mendistribusikan content marketing tersebut melalui ;

  1. Media Sosial

Media sosial ini menjadi salah satu “wadah” untuk menyebarkan serta mendistribusikan content marketing. Beberapa platform media sosial, seperti Twitter, Facebook, Instagram ini menyediakan suatu produk untuk mengiklankan content marketing yang Anda produksi, seperti Twitter Ads, Facebook Ads, ataupun Instagram Ads.

Tujuannya adalah agar content marketing yang Anda posting akan mendapatkan atensi dan respons audiens yang lebih tertarget.

  • Situs Website

Selain bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk (product selling). Mendistribusikan content marketing melalui situs website ini juga bertujuan untuk menarik visitor untuk mengunjungi situs website.

Tujuannya adalah guna meningkatkan penghasilan dari iklan website atau adsense. Semakin banyak visitor yang mengunjungi situs website perusahaan, maka semakin banyak pula penghasilan dari iklan website yang diperoleh.

Content marketing merupakan salah satu strategi suatu perusahaan dalam meningkatkan penjualan produk. Content marketing ini dapat berupa tulisan (artikel), gambar, maupun video. Nah kini Anda telah mengetahui dan mengerti apa itu content marketing beserta manfaat dan media penyebarannya.